9 Faktor Penyebab Kepala Kita Sering Pusing

Kita semua pasti pernah merasakan pusing yang karenanya segala aktifitas kita menjadi terhambat. Pusing memang merupakan sebuah kondisi yang sangat wajar kita alami. Terlebih jika sedang mengalami kebingunan akan sesuatu hal. Tapi ternyata, ada banyak lagi faktor yang menjadikan kepala kita pusing bahkan sakit.

Walaupun pusing adalah hal yang sangat biasa terjadi didalam keseharian kita, namun bukan berarti kita tidak harus mencari tahu sebab dari pusing itu. Karena bisa jadi, pusing yang kita alami merupakan tanda- tanda sebuah penyakit yang harus kita tangani dengan segera. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menjadikan kepala kita pusing. Faktor- faktor itu adalah:

  1. Stress

Stress merupakan salah satu faktor utama lain selain penyakit yang menjadikan seseorang cepat pusing. Stress biasanya terjadi ketika kita menghadapi sebuah permasalahan yang belum selesai namun disisi lain kita terus mendapatkan tekanan untuk segera menyelesaikannya.

Tekanan inilah yang kemudian menjadikan otak kita terbebani, menjadikan kita stress dan kepala kita pusing. Bahkan selain pusing, stress yang sudah melampaui batas bisa menjadikan seseorang terkena serangan jantung dan gangguan kejiwaan.

  1. Asap rokok

Bagi mereka yang merokok, asap rokok mungkin tidak terlalu berpengaruh kepada mereka. Tapi bagi mereka yang tidak merokok, asap rokok adalah sesuatu yang memusingkan. Itu karena mereka tidak terbiasa dengan nikotin yang terkandung didalam asap rokok itu. Hal ini karena asap rokok menjadikan pembuluh darah pada otak menyempit dan menjadikan mereka pusing.

  1. Udara panas

Ternyata udara panas juga dapat menjadikan kita pusing. Terlebih jika kita berada di tempat keramaian dan sulit keluar dari keramaian itu. Udara yang panas dan banyaknya orang atau kendaraan disekitar kita menjadikan kita kesulitan mendapatkan udara yang segar.

Itulah kenapa kita sering mengalami pusing dan bahkan beberapa orang pingsan karena masalah udara panas dan sirkulasi udara ini.

  1. Ikat rambut

Bagi kita yang memiliki rambut panjang, mengikat atau menguncir rambut adalah salah satu alternatif bagi kita yang aktifitasnya tidak mau diganggu oleh rambut kita sendiri. Itulah kenapa banyak orang mengikat rambutnya dengan sangat kencang.

Tapi sebenarnya, mengikat rambut dengan kencang dapat menjadikan penghubung jaringan kulit kepala menjadi tegang. Itulah kenapa mengikat rambut dengan kencang terlalu lama dapat menjadikan kita pusing.

  1. Aroma yang menyengat

Ada banyak orang yang sangat menyenangi wewangian yang sangat menyengat karena  dinilai mampu memberikan mereka rasa percaya diri. Tapi disisi lain, ada banyak juga orang yang tidak menyenangi aroma yang menyengat seperti aroma wewangian ataupun minyak angin.

Wewangian tersebut dapat membuat mereka pusing dan bahkan mual lalu muntah. Karena itulah ada orang yang lebih memilih tampil apa adanya tanpa wewangian saat menghadiri suatu acara.

  1. Makanan

Ternyata ada banyak jenis makanan yang dapat menjadikan seseorang pusing setelah mengkonsumsinya. Katakanlah bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi yang jika tidak mengatur pola makannya, apa yang dimakan akan menjadikannya pusing dan tekanan darahnya semakin meninggi.

Atau bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes yang jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, kepala mereka bisa menjadi pusing.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang proses pembuatannya memakan waktu yang lama juga dapat menjadikan kepala kita pusing setelah memakannya. Misalnya saja keju.

Hal ini karena keju mengandung zat yang bernama zat Tiramin yang dapat meningkatkan tekanan darah ke otak. Zat ini selain pada keju dan makanan lain yang proses pembuatannya lama juga terkandung didalam minuman beralkohol. Itulah kenapa ketika mengkonsumsi terlalu banyak alkohol kita bisa pusing.

  1. Telat makan

Makan adalah faktor penting yang harus kita penuhi untuk hidup. Karena dari makan itulah kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktifitas.

Jika kita telat makan atau bahkan tidak makan, tubuh akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan energi untuk aktifitas kita. Itulah kenapa kita bisa menjadi lemas dan kepala menjadi pusing yang dikarenakan energi kita yang terus berkurang.

  1. Dehidrasi

Sama halnya dengan makan, kekurangan minum juga sangat berdampak bagi tubuh. Terlebih 80% dari tubuh kita adalah air yang artinya air merupakan salah satu komponen utama kita bisa hidup. Banyak para ahli survival mengatakan bahwa seseorang bisa hidup tanpa makan selama tujuh hari. Tapi tanpa minum, seseorang hanya bisa hidup selama tiga hari.

  1. Kurang aktifitas

Kurang aktifitas juga dapat menjadikan seseorang cepat pusing. Ini karena mereka membiasakan diri mereka sendiri untuk tidak melakukan apa- apa. Dan ketika mereka tiba- tiba harus melakukan sesuatu yang cukup berat seperti berolah raga, kepala mereka pun dengan cepat menjadi pusing karena tubuh yang tidak terbiasa bergerak.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Itulah beberapa hal yang dapat menjadikan kita menjadi pusing didalam keseharian kita. Penyebab pada poin nomer berapakah yang sering kita alami? Atau jika ada beberapa penyebab yang tidak tertulis didalam artikel ini, mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ilmu Strategi Online © 2017 Frontier Theme